Sabtu, 13 Agustus 2011

Potensi Remaja Desa Karangampel

Potensi Remaja Desa Karangampel merupakan potensi yang baik bagi generasi muda di Desa Karangampel. Sebab kebanyakan remaja Desa Karangampel mengikuti beberapa organisasi yang mengarahkan terjalinya tali silaturrahmi antar remaja serta mempererat ukhuah islamiyyah di Desa Karangampel tersebut. Adapun organisasi yang ada di Desa Karangampel antara lain :

1.      Karang Taruna Bina Bangsa
2.  Jam’iyyah Nahdlatul Ulama' dan Jam’iyyah Muslimat Nahdlatul Ulama'. Sedangkan Jam’iyyah NU memiliki Badan Otonom (BANOM) yaitu yang meliputi :
a.       G.P. Anshor
b.      Fatayat Nahdlatul Ulama'
c.       Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) dan
d.      Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU)

Sedangkan organisasi yang berdiri sendiri adalah :

1.      Jam'iyyah Manaqib Jawahirul Ma’ani
2.      Jam'iyyah Khotmil Qur'an Kiyongan Karangampel
3. IRMADA (Ikatan Remaja Masjid Al Huda ) Kiyongan Karangampel. Kenali kami di irmaalhuda.blogspot.com atau di irmada-kyg.blogspot.com
4.      Remaja Masjid Baitul Shomad Blolo Karangampel Kaliwunu Kudus
5.      Remaja Masjid Al Madinah Nganti Karangampel

Semua organisasi tersebut bertujuan untuk menjalin tali persaudaraan, meneruskan perjuangan, syi’ar Islam, mengisi kemerdekaan, dan menciptakan kerukunan antar warga Desa Karangampel. Dari beberapa organisasi tersebut diatas yang menjadi sorotan kami adalah Karang Taruna dan IPNU-IPPNU. Karena kedua organisasi tersebut merupakan organisasi yang paling dominan di ikuti oleh para remaja di Desa Karangampel. Menurut Siswanto BU (Ketua Karang Taruna) sekitar 100 remaja yang mengikuti Karang Taruna. Sedangkan menurut M. Azwar Anas S.PdI (Sekretaris Karang Taruna), usia 13–25 merupakan usia yang produktif dalam mendidik generasi bangsa. Dari hal itu, maka perlu adanya motivasi dari orang tua agar putra/putrinya mengikuti organisasi. Selain mengisi kemerdekaan, menambah pengalaman, melatih mental, juga memperluas jaringan. Sedangkan Miftahul Falah yang merupakan ketua IPNU dan Uswatun Hasanah ketua IPPNU Ranting Karangampel. Mereka menerangkan bahwa anggota yang mengikuti IPNU dan IPPNU yaitu sekitar 86 orang yang terdiri dari putra dan putri. IPNU-IPPNU merupakan organisasi tingkat Desa yang terdiri dari empat dukuh yaitu; dukuh Kiyongan, Blolo, Nganti dan dukuh Karangampel sama halnya dengan Karang Taruna. Organisasi-organisasi tersebut sampai saat ini masih aktif, bahkan terus berkembang.
Semoga remaja yang ada di Desa Karangampel benar-benar dapat mengerti penting dan manfaatnya berorganisasi.

0 komentar:

Posting Komentar