Sabtu, 13 Agustus 2011

VILLAGE KARANGAMPEL

Kota Kudus, yang terkenal dengan kota kretek, kota indrustri rokok terbesar, kota pengeluar pajak terbesar kedua di Indonesia, kota para wali, para ulama', para santri, dan para pejuang kemerdekaan. Kudus memiliki wilayah yang tidak begitu luas dengan kata lain kota kecill. Bahkan ada juga yang menyebut kota hadiah. Kota Kudus hanya terbagi menjadi 9 Kecamatan, 123 Desa dan 9 Kelurahan. Pembagian 9 Kecamatan itu ialah meliputi;

1. Kecamatan Kota
2. Kecamatan Jati
3. Kecamatan Undaan
4. Kecamatan Mejobo
5. Kecamatan Jekulo
6. Kecamatan Bae
7. Kecamatan Dawe
8. Kecamatan Gebog
9. Kecamatan Kaliwungu

Dari kesembilan kecamatan tersebut kami ingin memperkenalkan desa yang ada di Kecamatan paling bontot, yaitu Kecamatan Kaliwungu. Di Kecamatan Kaliwungu ini pun juga ada pembagian wilayah-wilayah kecil yang disebut dengan Desa. Pembagian Desa di Kecamatan Kaliwungu ini terbagi atas 15 Desa dengan jumlah populasi penduduk 83.927 jiwa (2006). Dari 15 Desa yang ingin saya popularkan adalah Desa Karangampel ( Village Karangampel ).

Desa Karangampel desa yang indah, asri, harmonis, aman, makmur, gemah limpah loh jinawe. Desa yang tak teramat jauh dari pusat kota, sekitar 5 KM dari simpang tujuh. Bila teringat masa kecilku, Karangampel adalah Desa dengan ladang persawahan yang luas, desa yang indah, sejuk, pepohonan yang rindang dan masyarakat warga yang religius. Dan sampai sekarang tak begitu banyak yang berubah.

Desa Karangmpel, desa yang "nggak ndeso ndeso amat", desa pencetak pelajar-pelajar cerdas, berkompeten, tenaga kerja profesional, wiraswasta dan sebagainya. Dan tak tertingal, desa yang mempunyai produk para pemuda-pemuda yang penuh dengan semangat, pemuda mempunyai persatuan yang erat dan kokoh, sosial tinggi, nasionalisme, serta para pemuda yang Religus.

"Wesst pokoke seng apik-apik iku sifate pemuda dan pemudi Desa Karangampel"

Desa Karangampel yang mempunyai 4 pedukuhan, yaitu; dukuh Karangampel, dukuh Nganti, dukuh Blolo, dan dukuh Kiyongan. Desa Karangampel terbagi atas 5 Rukun Warga (RW). Masing masing RW terbagi atas 7 Rukun Tetangga (RT), salah satu RW ada yang terbagi 8 RT. Wilayah RW I yaitu seluruh dukuh Karangampel dan sebagian dukuh Nganti sebelah barat, wilayah RW II meliputi dukuh Nganti tengah dan timur sampai dukuh Blolo sebelah utara. wilayah RW III dukuh Blolo mulai dari bagian tengah hingga selatan/ perbatasan Desa Garung Lor. di dukuh Kiyongan terbagi atas 2 wilayah, sebelah timur Pepunden ( Makam Mbah Malang Jaya ) merupakan wilayah RW IV, dan sebelah barat Pepunden adalah Wilayah RW V yang pembagian Rukun Tetangganya berjumlah 8 RT.

Desa Karangampel yang dipimpin oleh Beliau Bapak Kepala Desa H Siyanto (2007-2012), yang berdomisili di dukuh Kiyongan. Yaitu dari Masjid Jami' Al Huda kebarat sekitar 200 M/sebelum perbatasan dukuh Mijen Desa Klisat. Bapak Kepala Desa yang dibantu oleh para perangkat Desa seperti; Kepala Dusun (Ka.Dus/Kamituo), Kaur Kesra (Modin), Kaur Pemerintah, BPD, Kaur Keuangan, Kaur dan Kaur Pembangunan, Mereka dengan semangat Gebug Rampak untuk mensejahterakan, menyelaraskan, dan memakmurkan seluruh Warga Desa Karangampel di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus.
Desa Karangampel yang Indaaah................Nan Elok...............

0 komentar:

Posting Komentar